Booking.com

Sumur Kembar Di Bali Buat Ritual Mandi Telanjang Cari Pesugihan

Entah semenjak kapan sumur kembar ini ada. Dari dongeng para penebang hutan di wilayah Hutan Gilimanuk Kabupaten Jembrana, banyak para pencuri kayu yang tersesat ke sumur kembar ini, begitu keluar hutan pribadi jadi penekun agama.

Menariknya, kini banyak peziarah yang tiba ke daerah ini berharap enteng jodoh. Ada juga yang melaksanakan ritual mandi telanjang untuk tujuan pesugihan. "Khusus perempuan badung yang ingin pelaris atau pesugihan, harus mandi telanjang di sumur ini. Kalau enteng jodoh cukup raup saja," kata I Nengah Jaba, penjaga Pura Tirta Sumur Kembar.

 Dari dongeng para penebang hutan di wilayah Hutan Gilimanuk Kabupaten Jembrana Sumur Kembar di Bali buat ritual mandi telanjang cari pesugihan

Bagaimana bila laki-laki yang ingin pesugihan ? "Tidak ada. Para laki-laki yang tiba ke lokasi ini hanya mengejar kerikil permata. Di sini ada mirah, kecubung, jambrut pokoknya banyak, itu dapat mensugestikan yang jodoh bawanya untuk kerezekian," terangnya meyakinkan.

Lokasi pura Tirta Kembar ini, kalau kita melintas dari Kota Negara di Jembaran menuju Gilimanuk. Saat memasuki Desa Sumber Sari, akan mulai masuk hutan. Di sepanjang jalan menuju Gilimanuk ada beberapa pura yang akan dijumpai menyerupai Pura Segara Rupek atau Pura Tirta Empul. Tetapi sesudah melewati pura tersebut, ada petunjuk di sisi jalan menuju pura Tirta Sumur Kembar.

Lokasinya erat dengan Pura Tirta Empul dan juga erat pantai, tepatnya di Desa Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Untuk hingga di pura ini, harus masuk menelusuri hutan sekitar 10 menit. Hati-hati medannya sangat sulit, alasannya ialah kanal jalan ialah jalan buatan warga yang tiba ke pura tersebut. "Jalan ini bikinan para warga yang tiba ke daerah ini. Tidak ada dari pemerintah yang membuka kanal jalan ini," kata Jaba.

Katanya pura ini, diberi nama Sumur Kembar alasannya ialah ada dua buah sumur yang entah semenjak kapan adanya. Sumur ini dibedakan oleh dua buah bangunan berdampingan, satu sumur khusus laki-laki dan satunya khusus pengunjung wanita. "Saya setiap harinya tidur di sini dan bersih-bersih daerah ini. Awalnya aku tersesat, dan hingga kini aku hanya makan dari sesajen yang diberikan oleh orang-orang yang datang," ujarnya.

"Datang minta tujuannya di hati. Kalau tidak tahu tata caranya, tanya pada saya, final pulang. Jangan lagi ngobrol atau bersantai-santai di daerah ini. Kalau lama-lama di sini, aku usir daripada tidak tahu jalan pulang menyerupai saya," katanya. Sumber: merdeka.com
Sumur Kembar Di Bali Buat Ritual Mandi Telanjang Cari Pesugihan Sumur Kembar Di Bali Buat Ritual Mandi Telanjang Cari Pesugihan Reviewed by agus on Maret 03, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.